Welcome to my blog! Di Blog ini, saya akan memberikan informasi mengenai Flora dan Fauna di dunia. Selamat membaca!

Rabu, 23 Januari 2013

Flora : Semak Domba

   Nama latin semak ini, Raoulia eximia. Panggilannya vegetable sheep atau domba sayuran. Bentuk dan warnanya yang putih, memang mirip domba. Apalagi, kalau dilihat dari kejauhan. Semak domba ini hidupnya di Pegunungan Alpen Selatan di Pulau Selatan, Selandia Baru.


   Semak ini berbentuk gundukan padat. Itu karena batang dan daunnya rapat menyatu. Makanya, semak ini enggak hanya mirip domba. Semak ini juga mirip batu. Bulat kokoh. Diameter bulatannya sekitar 1 meter. Tingginya bisa mencapai 60 cm.
   Tumbuhan yang tinggal di pegunungan yang dingin, ternyata bisa kekeringan. Untung, semak domba punya daun-daun kecil berbulu. Bulunya berfungsi menangkap tetesan air dari kabut. Dengan begitu, si semak tidak kekeringan. Daun-daunnya yang sudah membusuk, juga membentuk lapisan spons penyimpan air.
   Di Selandia Baru, ada sekitar 20 jenis semak Raoulia. Tidak semuanya berwarna putih seperti si semak domba atau Raoulia eximia ini. Misalnya, Raoulia australis berwarna hijau dan juga keperakan.
Saat musim panas tiba, tumbuh kepala-kepala bunga di antara daun-daunnya. Warnanya kuning dan putih. Kepala bunga itu berdiameter 2 hingga 3 mm. Dalam satu kepala bunga, terdiri dari 10 hingga 15 bunga.


-sumber: Majalah Bobo no.1, 12 April 2012, Hal. 27-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar