Welcome to my blog! Di Blog ini, saya akan memberikan informasi mengenai Flora dan Fauna di dunia. Selamat membaca!

Kamis, 24 Januari 2013

Fauna : Belalang Pelangi

   Karena tubuhnya yang berwarna-warni, belalang istimewa ini dijuluki belalang pelangi. Nama latinnya Dactyloctenium variegatum. Nama yang cukup rumit, bukan?
Belalang pelangi memiliki beberapa warna di kulitnya. Biasanya warna itu terdiri dari merah, kuning, biru, oranye, dan putih. Selain itu, ada juga warna hijau yang menghiasi sayapnya.
  
   Warna-warni di tubuh belalang pelangi sangat berguna. Bukan untuk mempercantik diri, lo, melainkan untuk menghindari pemangsa. Yup, warna-warni di tubuh belalang pelangi seperti memberi peringatan pada pemangsanya: awas beracun! Sehingga, para pemangsa biasanya takut untuk memakan belalang ini. Tetapi.... apa benar belalang ini beracun? Sstt... Belalang pelangi memang pandai menyerap racun dari dedaunan yang dimakannya. Racun-racun itu kemudian disimpan di dalam tubuhnya. Racun-racun itu akan ia gunakan untuk melindungi dirinya.  
   Belalang pelangi memiliki kelemahan yang cukup membahayakan dirinya. Yaitu, sayapnya sangat pendek. Sehingga, belalang ini tidak bisa terbang! Belalang pelangi hanya bisa melompat-lompat di sekitarnya saja.  Kalau ada pemangsa, ia tak bisa menghindar dengan leluasa. Karena itu, Belalang Pelangi membutuhkan racun untuk melindungi dirinya. Belalang pelangi termasuk belalang yang langka. Kita yang tinggal di kota besar sangat sulit menemukan belalang ini. Biasanya, belalang pelangi hidup di daerah kering berumput. Misalnya di Arizona, Amerika Serikat atau di Afrika seperti Madagaskar dan Afrika Selatan. Wow...jauh ya?


-sumber: Majalah Bobo no.36, 13 Desember 2012, Hal. 27-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar