Welcome to my blog! Di Blog ini, saya akan memberikan informasi mengenai Flora dan Fauna di dunia. Selamat membaca!

Sabtu, 26 Januari 2013

Flora : Bunga Api

  
   Bunga ini merah menyala bagaikan api. Makanya, enggak heran, bunga ini disebut flame of the forest  atau api hutan. Bunga ini juga dijuluki flame of Irian , karena asli berasal dari Papua. Tahu, kan, dulu Papua disebut Irian. Bunga api menjuntai dan menggantung. Indahnya!
   Bunga api  atau Mucuna novoguineensis  memiliki bentuk yang unik. Ujung-ujung bunganya meruncing ke arah atas, seperti lidah-lidah api yang membakar! Bunga ini panjangnya sekitar 7 cm – 10 cm. Bunga api tumbuh bergerombol di batangnya dan menjuntai ke bawah. Indahnya!
   Bunga api  termasuk jenis tumbuhan merambat yang langka. Ya, bunga api itu langka karena terancam punah. Salah satu penyebabnya adalah penebangan hutan-hutan di Papua yang semena-mena, demi untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia. Misalnya, untuk membangun pemukiman dan perkebunan. Warna dan bentuknya bagaikan lidah-lidah api yang membakar!
   Bunga api  menjadi langka dan terancam punah juga karena kurangnya penelitian. Sampai saat ini, belum banyak ilmuwan yang meneliti kekayaan flora di Papua. Akibatnya, berbagai flora di Papua, seperti bunga api, belum dikenal masyarakat luas. Kalau tidak kenal, bagaimana mau merawat dan menyayanginya? Betul, enggak?!
   Makanya, yuk, yuk, kenali flora khas Indonesia! Mulailah dari yang dekat di sekitar kita. Mulailah dengan membaca aneka macam flora negara kita. Dengan begitu, secara tidak langsung, kita ikut menjaga kelestarian flora nusantara.


-sumber: www.kidnesia.com-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar