Welcome to my blog! Di Blog ini, saya akan memberikan informasi mengenai Flora dan Fauna di dunia. Selamat membaca!

Kamis, 24 Januari 2013

Flora : Bunga Topi Peri


   Ada juga yang menyebutnya bunga foxgloves. Bunga ini memang punya banyak julukan, misalnya fairy cap, witches' glove, bloody fingers, fairy finger, fairy bells, dan masih banyak lagi. Nama latinnya Digitalis purpurea.
   Ada beberapa versi dongeng tentang bunga topi peri. konon, bunga ini ada di setiap kebun peri. Para peri menggunakannya sebagai topi, baju, dan sarung tangan. Dongeng lain menceritakan asal usul sebutan foxgloves untuk bunga ini. Ceritanya, dulu para peri memberikan bunga itu kepada para rubah. Bunga itu untuk melindungi telapak tangan mereka agar aman ketika berburu.
   Hati-hati kalau menemukan bunga topi peri. Baik daun, bunga, maupun bijinya beracun. Paling beracun, waktu bijinya mulai masak. Biarpun beracun, bunga ini tetap berguna. Di dunia pengobatan, biji bunga topi peri diramu dengan bahan lain sebagai obat untuk menguatkan jantung. Bunga topi peri juga berguna bagi serangga. Serangga menyukai madunya. Mereka juga memakai kelopaknya untuk berteduh kala hujan atau berlindung dari udara dingin.
   Bunga topi peri memang berasal dari Eropa. Tetapi, si cantik ini kini telah ada di banyak tempat. Di negeri asalnya, bunga topi peri mekar di musim panas. Musim panas jadi tampak cantik dan berwarna.
   Tinggi bunga topi peri mencapai 150 cm. Kalau kamu menanamnya, di tahun pertama baru akan tumbuh daunnya. Sedangkan bunga baru akan keluar di tahun kedua. Lalu, kebunmu akan terlihat ceria dengan bunga-bunga topi peri yang bermekaran.


Sumber : Majalah Bobo no. 23, 15 September 2011, Hal. 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar