Welcome to my blog! Di Blog ini, saya akan memberikan informasi mengenai Flora dan Fauna di dunia. Selamat membaca!

Minggu, 06 Januari 2013

Flora : Mata Dewa


   Bunga mata dewa termasuk dalam marga Passiflora. Passiflora berasal dari Amerika Selatan. Ada banyak jenisnya,bisa sampai 400 macam. Bunga-bunganya memang cantik.Bentuk bundar di bagian tengahnya mirip pupil mata. Tak heran,banyak orang menyebutnya sebagai bunga mata dewa. Warnanya beraneka macam,ada putih,merah,merah muda,juga ungu
   Passiflora merupakan tanaman merambat. Banyak orang menggunakannya sebagai pohon penghias pagar atau tanaman hias dalam pot .Sari bunganya sering digunakan sebagai obat penenang.  Orang-orang Amerika menggunakan daunnya sebagai bahan pembuat teh. Teh Passiflora ini bermanfaat untuk kesehatan,di anataranya untuk mengobati insomnia atau kesulitan tidur.
   Ada juga beberapa jenis Passiflora yang pucuk daunnya bisa dimakan sebagai sayur. Ada juga beberapa yang menghasilkan buah,mulai dari yang rasanya asam hingga manis. Pernah dengar buah markisa,kan? Dia adalah salah satu anggota marga Passiflora juga,yaitu Passiflora edulis.
Passiflora bisa tumbuh dengan cepat. Perawatannya pun mudah. Yang penting,dia mendapatkan cahaya Matahari yang cukup.  Untuk memperbanyak,bisa dengan stek batang atau menanam biji-bijinya yang telah dikeringkan.


-sumber: Majalah Bobo no.39, 3 Januari 2013 hal.33-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar