Welcome to my blog! Di Blog ini, saya akan memberikan informasi mengenai Flora dan Fauna di dunia. Selamat membaca!

Sabtu, 26 Januari 2013

Fauna : Ikan Bibir Merah

   The red lipped batfish. Itulah nama ikan ini. Nama yang sangat cocok dengan ciri-ciri tubuhnya. The red lipped batfish berarti, ikan kelelawar berbibir merah.
Hi hi hi... bibir ikan ini memang tebal dan merah merekah. Bibir si ikan pun mirip bibir perempuan yang pakai lipstik! Selain berbibir merah, ikan ini juga memiliki sirip yang terentang lebar. Mirip sayap kelelawar. Pantas kalau ikan ini diberi nama batfish alias ikan kelelawar. Batfish bernama ilmiah Ogcocephalus darwini. Ikan ini biasa hidup di perairan kepulauan Galapagos.
   Batfish memang unik! Selain berbibir merah dan bersayap kelelawar, batfish juga memiliki hidung yang aneh. Ada kaki tambahan kecil di atas hidungnya. Kaki tambahan itu berguna untuk menipu mangsanya. Yap batfish adalah ikan pemakan daging! Dia biasa memangsa ikan-ikan kecil, ketam, larva, dan tiram-tiram kecil.
Ikan apa yang tak bisa berenang? Batfish jawabannya! Hmm, batfish memang bukan ikan yang jago berenang seperti ikan lainnya. Dia bergerak dengan cara berjalan di atas dasar laut.
   Tentu saja, batfish tal berjalan dengan kaki seperti manusia. Melainkan, dengan menyeret keempat siripnya. Yup, dengan ujung sirip dada dan panggulnya, Batfish bisa berdiri di dasar laut dengan mudah.


-sumber: Majalah Bobo No. 42, 24 Januari 2013, Hal. 33-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar